NaV5MGxaMWp5NGF9NGp4Nqt9M6MkyCYhADAsx6J=
iklan banner
MASIGNCLEANLITE104

Kolesterol Kembali Normal Dengan Mosehat

kolesterol normal mosehat


Saat cek tingkat kolesterol dalam darah mulai meningkat. Seringnya pasien akan mengalami panik dan ingin cepat-cepat menghilangkan kolesterol ini dari dalam tubuhnya. Nah, ada hal yang kurang dipahami oleh banyak orang terutama terkait keberadaan kolesterol ini. 

Biar kolesterol kembali normal bisa rutin konsumsi mosehat. Tapi, harus dipahami dulu bahwa kolesterol ini merupakan salah satu komponen lemak. Jadi, memang sudah ada dari sananya, terdapat dalam lemak. Dan lemak itu bukan sesuatu yang buruk sebab lemak adalah zat gizi yang dibutuhkan tubuh. Kalau enggak ada kolesterol dalam lemak maka dinding sel dalam tubuh kita enggak akan ada.

Soalnya, kolesterol baik, kita sebut seperti ini saja ya, dibutuhkan untuk membangun dinding sel dan sebagai bahan dasar pembentukan hormon steroid. Jadi, kalau enggak ada kolesterol maka sel kita enggak akan punya dinding alias selnya malfunction. Karena itu, kolesterol tetap dibutuhkan dalam tubuh kita tapi yang jenisnya baik.

Kolesterol Baik Berguna Untuk Tubuh


Sebenarnya kolesterol yang kita butuhkan secara normal diproduksi sesuai sama kebutuhan tubuh kita sendiri. Dalam jumlah yang sesuai pastinya. Tapi, ada juga kolesterol yang berasal dari makanan yang tentunya inilah yang menjadi penyebab jumlah kolesterol meningkat sehingga terbagilah menjadi dua kubu. Kolesterol jahat dan kolesterol baik.

Ketika tubuh sudah kelebihan kolesterol, bisa dikategorikan sebagai kolesterol jahat yang kemudian tertimbun pada dinding pembuluh darah. Sehingga pada kondisi ini memungkinkan terjadinya penyakit jantung dan stroke.

Kolesterol Menjadi Pemicu Stroke Dan Jantung, Kok Bisa?


Jadi, kalau kolesterol dalam tubuh kita ini jumlahnya masih normal. sesuai dengan yang diproduksi tubuh dan sesuai kebutuhan tubuh. Maka si kolesterol ini bisa berlebihan. Kolesterol yang berlebihan akan membentuk zat beku dan plak yang akan menyumbat pembuluh darah.

Karena pembuluh darah tersunbat jadi aliran darah menuju jantung terputus, sehingga kondisi ini yang menyebabkan terjadinya serangan jantung. Kalau kolesterol menyumbat pembuluh darah kemudian memutuskan aliran darah ke otak, maka inilah yang menyebabkan terjadinya stroke.

Dalam kondisi ini kolesterol yang berlebihan menjadi tidak baik untuk kesehatan. Maka dari itu disebut sebagai kolesterol jahat. Dan pasien dengan kadar kolesterol tinggi harus mau menurunkan kadar kolesterol dan menjaganya agar tetap dalam kondisi stabil.

Karena itu, sebenarnya tanpa asupan kolesterol dari makanan pun tubuh kita tetap memproduksinya. Jadi, kolesterol dari makanan ini yang harus dijaga kadarnya. Antara yang masuk dengan yang digunakan sebagai bahan pembuat dinding sel serta hormon, harus sesuai.

Mulai sekarang harus diperhatikan juga asupan makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Kolesterol sendiri banyak terdapat pada makanan yang berasal dari daging, unggas, ikan dan produk olahan susu.

Bahkan jeroan daging seperti hati dan limpa memiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi. Sedangkan makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan tidak mengandung kolesterol sama sekali. 

Tapi, memang sih, makanan yang mengandung kolesterol tinggi ini sangat disukai soalnya enak. Terutama dalam makanan cepat saji. Dan konsumsi kebanyakan masyarakat di Indonesia, lebih memilih makanan cepat saji dalam porsi banyak dibanding memperbanyak serat dari sayur mayur.

Proses Pembentukan Kolesterol


Biar kenalan sama kolesterol dengan baik. Jadi, kita ketahui dulu bagaimana proses pembentukannya. Biar saat konsumsi mosehat untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi enggak berpikir menghilangkannya. 

Setelah makan yang mengandung kolesterol tinggi. Maka, si kolesterol ini akan terserap oleh usus halus. Kemudian, akan masuk ke sirkulasi darah dan disimpan dalam suatu mantel protein.

Mantel protein inilah yang kemudian banyak dikenal dengan sebutan kilomikron. Organ yang menjadi proses pembentukan kolesterol, hati, mempunyai fungsi ganda yaitu mengambil kolesterol dalam sirkulasi darah kemudian memproduksi kembali bila keadaannya memungkinkan.

Kalau kita baru saja mengonsumsi bahan makanan yang mengandung kolesterol, maka hati akan menyaring kilomikron ini yang berada dalam sirkulasi darah. Di antara proses makan, hati akan mengeluarkan lagi kolesterol yang sudah diserap dan dikembalikan ke peradaran darah.

Di sinilah si organ hati memegang peranan buat menjaga keseimbangan kolesterol di sirkulasi darah. Peranan hati sangat besar tentunya dalam proses penyaringan. Jadi, kalau organ hati mengalami kerusakan maka proses penyaringan ini juga terganggu.

turunkan kolesterol


Kolesterol Enggak Buruk Kok!


Selama ini banyak yang beranggapan bahwa kolesterol adalah zat buruk. Dan harus dienyahkan dari tubuh kita serta tak memiliki manfaat. Padahal sebenarnya yang terjadi bukan seperti itu. Ada banyak kolesterol yang dihasilkan oleh tubuh.

Kolesterol baik biasa dikenal dengan nama HDL yang jumlahnya sekitar 0.25 sampai 0.33 dalam darah. Kalau yang jahat dikenal sebagai LDL, Trigliserida dan LP(a).

Sebagai kolesterol jahat, peningkatan jumlah LDL ini yang sering menyumbat pembuluh darah. Jadi, si LDL inilah yang sering menyumbat pembuluh darah. Penyempitan pembuluh darah biasanya terjadi di pembuluh darah otak, jantung, ginjal dan organ vital lainnya.

Karena itu, setiap kita mengecek kadar kolesterol. Yang harus difokuskan adalah jumlah LDL nya. Dan kalau sudah mulai tinggi, bisa diatasi dengan mengonsumsi mosehat untuk menurunkan kadar LDL sehingga kolesterol dalam darah kembali normal dan sesuai kebutuhan.

3185734981541992847

Comments

Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang sopan dan baik. n_n