-->

Pertahankan Orang Dengan Kriteria Seperti Ini

Posting Komentar
Kriteria orang baik

Punya banyak teman pasti menyenangkan, ya? Tapi, sering terasa enggak, seolah energi kita cepat habis. Atau seperti buang waktu. Sampai merasa sia-sia saat berdekatan dengan orang-orang tertentu?

Ternyata, sering tanpa kita sadari. Kita berdekatan dan menjalin hubungan erat dengan orang yang sebenarnya kurang sesuai dengan kita. Eits, pilah-pilih teman dekat itu juga salah satu ikhtiar agar kita sehat mental juga loh. 

Kurang sesuai ini biasanya disebabkan dari hubungan yang awalnya sudah kurang baik. Misalnya, kita dekat sama orang karena dia penampilannya oke, atau dekat karena dia pintar, dekat karena dia kaya, sampai dekat karena kita pikir orang itu enggak drama. Walaupun faktanya, enggak ada yang namanya manusia enggak drama.

Enggak mungkin, karena sebenarnya drama itu kan memang sudah fitrah manusia. Tapi, yang membedakan mana yang enggak berlebihan sama yang lebay banget itu cuma satu. Yaitu cara manusia itu menyikapi segala hal yang terjadi dalam hidupnya.

Nah, buat yang punya banyak teman, ingin dekat sama orang. Tapi, enggak tahu mana yang harus dipertahankan dan diperjuangkan. Sama mana yang harus dibiarkan berlalu. Bisa simak beberapa kriteria orang yang harus dipertahankan menjadi teman atau sahabat kita. Atau bisa juga menjadi pasangan hidup.


Tips Hubungan Yang Menyehatkan Mental


1.Pertahankan Seseorang Yang Membuatmu Bebas Menjadi Diri Sendiri

Entah kita seorang introvert, ekstrovert atau memiliki kondisi baik fisik maupun mental yang khusus. Akan sangat melegakan ketika bisa menghabiskan waktu bersama orang yang menerima kita apa adanya. 

Menerima ketika sedih karena sesuatu yang mungkin bagi orang lain terkesan remeh. Menerima saat diri sendiri merasa kulit dan wajah serta berat badan sedang tak bisa diajak kerjasama. Sampai menerima ketika kita sedang sakit dan belum mandi berhari-hari. 

Setidaknya, mereka yang tetap berada di sisi kita saat masa sulit menghadang. Walaupun terkadang jauh dari kesan sempurna. Mereka adalah orang yang harus dipertahankan.


2. Pertahankan Mereka Yang Mengizinkanmu Berkarya Dan Berkembang

Mungkin sering tak kita sadari. Ketika bertemu dan menetap bersama orang-orang yang mampu membuat kita bisa mencapai posisi saat ini. Bisa jadi bukan posisi kesuksesan yang diinginkan dan diimpikan. Tapi, ketika bisa berada pada level kehidupan yang berbeda dari sebelumnya. Tentu ada orang-orang yang berpengaruh dan membantu kita.

Bantuan itu bisa jadi bentuknya sederhana. Seperti menyediakan sarapan sebelum kita berusaha. Atau membelikan kuota internet ketika sedang butuh. Pun bantuan terkadang bisa lebih kecil lagi berupa doa yang dilantunkan untuk kita. Karena itu, tetaplah pertahankan mereka yang membantu kita berada di posisi saat ini. Entah itu kesuksesan yang kita inginkan atau belum seperti yang kita harapkan.


3. Pertahankan Ia Yang Transparan Padamu

Transparan ini dalam banyak hal. Maksudnya adalah mau mengungkapkan apa saja yang menjadi kegundahannya, impiannya sampai hal paling buruk yang bahkan hanya kita sendiri saja yang tahu. Ketika seseorang sudah mencapai titik dimana ia tak perlu berbohong pada diri kira. Pada saat itulah, ia sudah meletakkan batu kepercayaannya pada kita.

Apa lagi yang mau kita dustai? Hidup bersama orang seperti ini bisa membuat kita merasa tenang. Dan hubungan yang dibangun pun akan lebih baik dan membawa kebaikan.


Kesimpulan

Menemukan seseorang yang sempurna pasti sulit. Sangat sulit. Karena setiap manusia itu unik. Terkadang ketidaksempurnaan seseorang di mata kita, justru terlihat sempurna di mata orang lain. Demikian dengan diri kita, yang mungkin sering tak sempurna di mata banyak orang. Tapi, justru sempurna di mata satu atau beberapa orang.

Tentunya, hal yang penting untuk bertahan dengan orang yang memiliki kriteria di atas. Agar hubungan lebih sehat. Namun, pastikan bahwa hubungan yang kita jalin bukan hubungan yang mampu menyakiti orang lain, ya.

Karena, kita pun tak ingin disakiti. Jadi janganlah menyakiti. Dan percayalah selalu bahwa Allah akan senantiasa mempertemukan kita dengan banyak orang baik. Semangat ya!

Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar