NaV5MGxaMWp5NGF9NGp4Nqt9M6MkyCYhADAsx6J=
iklan banner
MASIGNCLEANLITE104

Tips Hidup Bahagia Dan Tetap Positif

hidup bahagia

Dalam kutipan di buku The Comfort Book karya Matt Haig, ia menuliskan bahwa hidup terkadang menawarkan kita untuk merasakan sesuatu hal. Kemudian, bergantian merasakan hal lain.

Maksudnya adalah kita tidak selalu akan merasakan bahagia, senang dan memiliki energi positif terus menerus. Ada kalanya pula kita merasa sedih, kecewa bahkan tak memungkiri akan mengeluarkan energi negatif pula.

Tapi, meskipun kita tahu bahwa hidup akan menawarkan kita banyak hal, tetap saja kita harus memiliki upaya untuk tetap positif dan bahagia dalam menjalani kehidupan. Agar tidak terlalu lama memendam energi negatif dan tak perlu berlama-lama larut dalam kesedihan.

Penting buat kita untuk bisa mengembalikan energi positif dan kebahagiaan dalam diri kita. Tentunya dengan upaya yang harus sesuai dengan segala sesuatu yang bisa membuat kita nyaman.

10 Tips Untuk Menjalankan Hidup Secara Bahagia Dan Positif

Beberapa hal yang aku bagikan di bawah ini hanya sebagai contoh. Pembaca bisa menentukan sendiri hal-hal apa saja yang bisa membuatmu bahagia dan nyaman. Selama tidak mengganggu hak kebahagiaan orang lain.

Jika ada di antara poin-poin di bawah ini yang sama dengan apa yang membuatmu nyaman. Silakan saja dikembangkan lagi dan disesuaikan dengan diri pembaca. 

Karena seringnya kebahagiaan itu dimulai dari hal yang kecil dan sederhana. 

1 Merapikan Tempat Tidur

Hal sederhana yang ternyata memang punya pengaruh besar buat diri kita yaitu merapikan tempat tidur kita setiap pagi. Iya, segala sesuatu yang besar ternyata dimulai dari hal kecil. Dengan merapikan tempat tidur kita di pagi hari, ternyata bisa membawa hal positif buat diri kita.

Khusus buat ibu rumah tangga, yang ketika bangun tidur, tapi tidak bisa langsung merapikan tempat tidur karena anggota keluarga lain masih tidur. Tenang saja, santai saja, pembaca bisa melakukan hal lain terlebih dahulu.

Namun, setelah semua anggota keluarga terbangun, maka pembaca bisa langsung merapikan tempat tidur. Tak perlu khawatir meskipun nantinya akan berantakan lagi karena anak-anak bermain di atas kasur. Tapi, setidaknya dengan melihat tempat tidur rapi meski sebentar, itu bisa membuat mood pembaca menjadi lebih baik.

2 Lakukan Sesuatu Yang Menurutmu Kreatif

Ingat ya, yang menurut kita sangat kreatif, bukan menurut orang lain. Misalnya, pembaca menganggap bahwa membuat bunga sederhana dari sedotan itu hal yang kreatif, maka lakukanlah.

Atau sepertiku yang buatku, aku melakukan hal kreatif ketika aku menggambar bunga beserta daunnya di buku jurnalku. Meskipun gambarku tidaklah bagus, bahkan aku masih belajar untuk menggambar agar hasilnya enak dilihat, tapi buatku itu adalah sesuatu yang kreatif dan aku senang melakukannya.

3. Menulis Jurnal

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya. Aku menulis jurnal setiap hari tanpa waktu khusus. Aku menulis di jurnal kapanpun ketika aku butuh. Apalagi belakangan ini aku juga sedang mencoba untuk rutin manifest scripting jadi aku akan menuliskan apa saja saat aku inginkan.

4. Jalan Kaki

Walaupun sedang pandemi, jika memungkinkan untuk keluar rumah saat tidak sedang ramai, bisa berjalan kaki entah sendiri atau bersama anak-anak. Berjalan kaki sambil menikmati pemandangan cantik dan menyenangkan di sekitar yang mungkin terlewat oleh pandangan kita, bisa membuat imun kita meningkat.

Tapi, kalau tidak memungkinkan sama sekali. Bisa berjalan kaki sebentar saja di depan rumah. Atau jika sama sekali tidak bisa keluar rumah, bisa berjalan kaki dengan santai di dalam rumah tapi benar-benar berjalan kaki. Tidak disambi dengan melakukan hal lain.

tips bahagia

5. Makan Makanan Sehat

Mengonsumsi makanan yang sehat memang enggak akan langsung membuat pembaca bahagia. Tapi, dengan makanan yang sehat yang masuk ke dalam tubuh kita. Tentu ini membantu metabolisme organ dalam tubuh agar bekerja lebih baik. Sehingga kesehatan yang kita dapat bisa membuat kita mudah mengerjakan segala sesuatu yang kita sukai, senangi dan membuat kita nyaman.

Makanan sehat enggak mahal, kok. Semisalnya, pembaca hanya bisa mengonsumsi sayur bayam hari ini, satu kali. Ini sudah terhitung mengonsumsi makanan sehat. Atau pembaca mengonsumsi acar timur sederhana seperti acar di abang nasi goreng, ini juga sudah dikatakan makan makanan yang sehat. 

Jadi, jangan sempitkan persepsi kita terhadap makanan sehat. Bahwa makanan sehat itu hanya salad dengan dressing mayonaise atau buah-buahan dengan harga mahal. Enggak begitu. Karena, bahkan dengan mengonsumsi lalapan seperti terong hijau kecil dengan sambal saja itu sudah termasuk konsumsi makanan sehat.

6. Minum Air Putih Yang Cukup Untuk Tubuh

Usahakan untuk selalu rutin mengonsumsi air putih yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Dan jumlah konsumsi air putih setiap orang tentu berbeda, ya. Ada rumusannya yang bisa digunakan.

Rumus Kecukupan Air Putih Dalam Tubuh : Berat badan (kg) X 30 ml = hasil (cc)

Dengan mengonsumsi air putih yang cukup sesuai berat badan. Bisa menghindari tubuh kita dari dehidrasi. 

Tapi, kebutuhan air minum ini juga disesuaikan dengan kondisi tubuh, ya. Ada beberapa penyakit seperti jantung bocor yang justru melarang pasiennya untuk minum banyak air. Karena, air yang masuk akan menumpuk dan merendam paru-paru dan jantung hingga organ tersebut akan bengkak. 

7. Lakukan Teknik Pernapasan Yang Sederhana

Bernapas sebenarnya sesuatu yang sederhana, kan. Tapi, jika kita melakukan teknik pernapasan seperti fokus menarik napas secara perlahan dan mengembuskannya secara perlahan juga. 

Ternyata bisa membantu kita meredakan emosi, membuat kita fokus sampai membuat kita bisa rileks. Bernapas memang aktivitas rutin yang harus terjadi pada manusia. Karena ini salah satu yang menandakan kita masih hidup.

Tapi, kalau kita bisa menyadari kondisi kita sedang bernapas dan merasakan peregangan - peregangan dalam tubuh ketika bernapas. Ini adalah bagian dari teknik relaksasi yang sederhana dan bagus untuk tubuh dan mood kita.

8. Menonton Tayangan Yang Kita Sukai Dan Bermanfaat

Kita bisa menentukan tayangan-tayangan yang tak sekadar membuat kita senang. Tapi, yang bisa membuat kita belajar tentang sesuatu. Misalnya, menonton tutorial memasak atau menjahit. Atau sepertiku yang senang sekali menonton tutorial menggambar. 

9. Membaca Buku Yang Membuat Nyaman

Aku senang membaca, ini jujur. Dan aku tipikal pembaca yang menentukan bacaan sesuai moodku saat itu. Jadi, aku akan memilih bacaan yang membuatku senang dan nyaman. Tidak selalu dari genre romantis, horor, thriller atau genre lain. Terkadang, aku butuh bacaan nonfiksi untuk membuat hatiku nyaman.

Aku merekomendasikan pembaca membaca buku seperti Better Me, Jangan Pusingkan Omongan Orang dan Mindset. Ketiga buku ini bisa aku nikmati meski aku sedang dalam mood yang kurang begitu menyenangkan.

10. Membantu Seseorang

Bentuk bantuannya juga bisa beragam, misal dengan membuat nasi bungkus gratis untuk dibagikan. Atau bersedekah ke lembaga yang terpercaya. Bisa juga dengan memberi makanan ke tetangga. 

Bahkan, buatku pribadi, memberikan Like dan Berkomentar yang baik di kanal sosial orang lain, itu saja sudah merupakan bantuan sederhana yang berarti buat mereka. Dengan like dan komentar dari kita, tentunya itu memperbesar kesempatan postingan mereka bisa dijangkau orang lain. 

Atau dengan menyapu jalanan yang tampak kotor. Karena ini juga termasuk berbuat baik yang tentunya akan mendatangkan kebaikan buat kita.


Menjalani Hidup Bahagia Tidak Sulit Dan Tidak Mahal

Tentunya kita bisa mulai melakukan sesuatu dari hal yang sederhana. Entah itu dengan mengeluarkan biaya atau tidak mengeluarkan biaya sama sekali.

Dengan rutin melakukan hal-hal sederhana seperti yang ada di atas, tentunya akan membantu kita menikmati kehidupan. Dan juga bisa membantu kita meski saat itu mungkin kita sedang menghadapi masa sulit. Hal sederhana ini bisa membantu memperbaiki semangat dan mood kita agar tidak berlama-lama bersedih dan tak perlu berlama-lama menyimpan energi negatif.


Jadi, ada berapa poin yang sama dengan hal yang pembaca suka?


3185734981541992847

Comments

Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang sopan dan baik. n_n