NaV5MGxaMWp5NGF9NGp4Nqt9M6MkyCYhADAsx6J=
iklan banner
MASIGNCLEANLITE104

Rutinitas 10 Menit Ini Akan Meningkatkan Kreativitas Anda


Rutinitas kreatif


"Pikiran bawah sadar Anda bekerja terus menerus, saat Anda terjaga, dan saat Anda tidur."  — Bukit Napoleon

Alam bawah sadar Anda tidak pernah beristirahat dan selalu bertugas karena ia mengontrol detak jantung, sirkulasi darah, dan pencernaan Anda.  Ia mengontrol semua proses dan fungsi vital tubuh Anda dan mengetahui jawaban atas semua masalah Anda.

Apa yang terjadi di tingkat bawah sadar Anda memengaruhi apa yang terjadi di tingkat sadar Anda.  Dengan kata lain, apa yang terjadi secara internal, bahkan secara tidak sadar, akhirnya menjadi kenyataan Anda.  Seperti yang dinyatakan lebih lanjut oleh Hill, “Pikiran bawah sadar akan diterjemahkan ke dalam bentuk fisiknya yang setara, dengan metode paling langsung dan praktis yang tersedia.”

Akibatnya, tujuan Anda adalah mengarahkan pikiran bawah sadar Anda untuk menciptakan hasil yang Anda cari.  Selain itu, Anda ingin memanfaatkan pikiran bawah sadar Anda untuk membuka koneksi dan solusi untuk masalah dan proyek Anda.

Solusi Membangun Rutinitas

Berikut rutinitas sederhana untuk memulai:

Sepuluh menit sebelum tidur

"Jangan pernah tidur tanpa permintaan ke alam bawah sadarmu."  — Thomas Edison

Sudah menjadi praktik umum bagi banyak orang paling sukses di dunia untuk secara sengaja mengarahkan cara kerja pikiran bawah sadar mereka saat mereka sedang tidur.

Bagaimana?

Luangkan waktu beberapa saat sebelum Anda pergi tidur untuk merenungkan dan menuliskan hal-hal yang ingin Anda capai.

Rutinitas asah kreativitas


Ajukan banyak pertanyaan kepada diri sendiri terkait hal itu.  Dalam kata-kata Edison, buat beberapa "permintaan."  Tulis pertanyaan dan pemikiran itu di atas kertas.  Semakin spesifik pertanyaannya, semakin jelas jawaban Anda.

Saat Anda tidur, pikiran bawah sadar Anda akan bekerja pada hal-hal itu.

Sepuluh menit setelah bangun

Penelitian mengonfirmasi bahwa otak, khususnya korteks prefrontal, paling aktif dan mudah berkreatif segera setelah tidur. Pikiran bawah sadar Anda telah berkeliaran dengan bebas saat Anda tidur, membuat koneksi kontekstual dan temporal. Kreativitas, bagaimanapun, adalah membuat hubungan antara bagian-bagian otak yang berbeda.

Dalam wawancara baru-baru ini dengan Tim Ferriss, Josh Waitzkin, mantan keajaiban catur dan juara dunia tai chi, menjelaskan rutinitas paginya untuk memanfaatkan terobosan dan koneksi bawah sadar yang dialaminya saat dia tidur.

Tidak seperti 80 persen orang berusia antara 18–44 tahun yang memeriksa ponsel cerdas mereka dalam waktu 15 menit setelah bangun tidur, Waitzkin pergi ke tempat yang tenang, melakukan meditasi, dan mengambil jurnalnya.

Dalam jurnalnya, dia berpikir selama beberapa menit. Jadi, daripada berfokus pada input seperti kebanyakan orang yang memeriksa notifikasi mereka, fokus Waitzkin adalah pada output. Beginilah cara dia memasuki ranah kejelasan, pembelajaran, dan kreativitasnya yang lebih tinggi — apa yang dia sebut, “kecerdasan yang mengkristal”.

Jika Anda bukan penulis jurnal berpengalaman, gagasan "pembuangan pikiran" mungkin sulit diterapkan. Dalam pengalaman saya, ada baiknya untuk secara longgar mengarahkan pembuangan pikiran Anda ke arah tujuan Anda.

Pertimbangkan "permintaan" yang Anda buat dari alam bawah sadar Anda sebelum tidur. Anda bertanya pada diri sendiri banyak pertanyaan. Anda memikirkan dan menuliskan hal-hal yang ingin Anda capai.

Sekarang, hal pertama di pagi hari, ketika otak kreatif Anda paling selaras, setelah latihan bawah sadarnya saat Anda tidur, mulailah menuliskan apa pun yang terlintas dalam pikiran tentang hal-hal itu.

Saya sering mendapatkan ide untuk artikel yang akan saya tulis saat melakukan pemikiran-pemikiran ini. Saya mendapatkan ide tentang bagaimana saya bisa menjadi suami dan ayah yang lebih baik bagi ketiga anak asuh saya. Saya mendapatkan kejelasan tentang tujuan yang saya yakini harus saya kejar. Saya mendapatkan wawasan tentang orang-orang yang perlu saya hubungi, atau bagaimana saya dapat meningkatkan hubungan saya saat ini.

Yang pasti, Anda perlu melatih keterampilan ini. Mungkin perlu beberapa kali percobaan sebelum Anda menjadi mahir. Namun dengan konsistensi, Anda bisa menjadi lancar dan otomatis dalam mencapai ledakan kreatif dan intuitif

 Kesimpulan

“Seseorang tidak dapat secara langsung memilih keadaannya, tetapi dia dapat memilih pikirannya, dan dengan demikian secara tidak langsung, namun pasti, membentuk keadaannya.”  — James Allen

Penciptaan mental selalu mendahului penciptaan fisik.  Sebelum sebuah bangunan dibangun secara fisik, ada cetak birunya.

Pikiran Anda adalah cetak biru kehidupan yang Anda bangun hari demi hari.  Ketika Anda belajar untuk menyalurkan pemikiran Anda — baik secara sadar maupun tidak sadar — Anda menciptakan kondisi yang membuat pencapaian tujuan Anda tak terelakkan.

Anda adalah perancang takdir Anda.  Rutinitas sederhana ini akan membantu Anda mengkristal ke mana Anda ingin pergi, dan bagaimana Anda akan sampai di sana.



3185734981541992847

Comments

Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang sopan dan baik. n_n